Permainan Anak Cerdas

Permainan Anak Cerdas | Permainan Otak Bayi | Pertumbuhan Otak Bayi | Cara Merawat Bayi

Tips Bagi Ayah Mendukung Pemberian ASI Pada Bayi

Selama ini telah berkembang satu anggapan yang salah. Masyarakat kita menganggap bahwa urusan menyusui hanyalah masalah Ibu dari si bayi.  Padahal, sebenarnya ayah dari si bayi memiliki peran yang cukup signifikan dalam keberhasilan program menyusui ASI pada bayi.  Seorang ayah dapat berperan aktif dalam keberhasilan ASI  dalam bentuk dukungan secara emosional dan bantuan-bantuan praktis lainnya, seperti mengganti popok atau menyendawakan bayi.  Peran ayah dalam hal ini  sangat penting bagi Ibu bayi untuk keberhasilan menyusui si buah hati.

Kalau dikaji lebih dalam sebenarnya keberhasilan menyusui akan memberikan manfaat ekonomi pada satu keluarga.  Pemberian ASI akan dapat mengurangi pengeluaran keluarga minimal untuk biaya pembelian susu formula dan  perlengkapan  yuang dibutuhkan. Lebih jauh lagi, dari segi biaya kesehatanpun ada pengurangan  karena bayi yang mengkonsumsi ASI ternyata memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Bayi dengan kekebalan tubuh yang tinggi lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit sehingga secara ekonomi, biaya pengobatanpun bisa diturunkan. Dan satu lagi, manfaat pemberian ASI pada bayi adalah kemudahan dalam hal ketersediaannya. Bayangkan jika tengah malam bayi menangis sementara susu formula telah habis sejak sore, betapa repotnya orang tua bayi tersebut harus mencari toko 24 jam yang menyediakan kebutuhan susu untuk bayinya.
Beberapa tips cara  seorang ayah ikut serta dalam program pemberian ASI untuk bayinya::

1. Setiap kali  bayi ingin minum ambillah bayi dan gendong ke ibunya untuk disusui,
2. Sendawakan bayi setelah menyusu, cara yang paling tepat dengan menggendong tegak kemudian perut bayi diletakkan pada pundak ayahnya,
3. Gendong bayi dengan kain, biarkan ia merasakan kehangatan badan ayahnya
4.  Tenangkan bayi bila ia gelisah dengan cara menggendong, menepuk-nepuk, atau menggoyang-goyang tempat tidurnya
5. Gantikan Ibu saat memandikan bayi (sekali – sekali)
6. Baringkan bayi di atas dada ayahnya agar ia dapat mendengar detak jantung sang ayah, bunyi napas, dan kehangatan kulit ayahnya,
   7.Biasakan memijat bayi Anda sejak baru lahir, bila mungkin sehari dua kali.


Perlu usaha ekstra untuk membesarkan seorang bayi.  Dan kita memang harus berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik bagi anak bayi kita, karena tentunya kita ingin anak – anak kita bisa tumbuh dengan baik secara fisik maupun psikis. Dan untuk keberhasilan pertumbuhan anak bayi kita, tak bisa dielakkan lagi, peran ayah harus dijalankan sepenuhnya. 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori keberhasilan ASI / menyusui bayi / tips merawat bayi dengan judul Tips Bagi Ayah Mendukung Pemberian ASI Pada Bayi . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://permainananakcerdas.blogspot.com/2013/06/tips-bagi-ayah-mendukung-pemberian-asi.html . Terima kasih!
Ditulis oleh: Demangun - Tuesday, June 4, 2013

Belum ada komentar untuk " Tips Bagi Ayah Mendukung Pemberian ASI Pada Bayi "

Post a Comment