Permainan Anak Cerdas

Permainan Anak Cerdas | Permainan Otak Bayi | Pertumbuhan Otak Bayi | Cara Merawat Bayi

Tips Merawat Bayi: Perlukah Membuat Jadwal Pemberian Susu Pada Bayi


Ada perdebatan tentang jadwal pemberian susu pada bayi. Di satu pihak, mengatakan kalau bayi sebaiknya diberi jadwal teratur, diberi minum susu secara teratur setiap empat jam sekali . Sehingga keluhan diare dan gangguan pencernaan lain pada bayi bisa dihilangkan. Awalnya para ahli hampir sepakat mengiyakan pendapat ini. Tapi ketika ditemukan kasus bayi yang diberi minum susu secara tidak teratur ternyata  dan tidak mengalami gangguan penccernaan dan diare, pendapat pertama tadi kemudian dikaji ulang. Setelah diadakan penelitian ternyata diare dan gangguan pencernaan lain pada bayi lebih disebabkan pada kualitas susu yang dikonsumsi bayi.
Perlu anda tahu, beberapa bayi  dilahirkan dengan lambung lebih kecil. Sebagai akibatnya lambung bayi hanya bisa menampung susu dalam jumlah yang lebih sedikit juga dibandingkan dengan kebanyakan bayi dengan lambung yang lebih besar. Pada kasus bayi dengan lambung kecil ini, sebelum 4 jam lambung sudah kosong  dan dan bayi merasa lapar. Juga bayi-bayi yang tertidur saat menyusu  atau bayi-bayi yang mudah terangsang kolik (rasa sakit pada perut),  tidak dapat minum banyak. Jika aturan jadwal ketat diberlakukan pada  bayi-bayi ini maka sebelum waktu minum mereka sudah menangis keras,  bahkan berteriak-teriak karena kelaparan. Hal ini mendatangkan kesulitan  bagi orang tua bayi dan bahkan untuk sang bayi sendiri. Kemudian  dilakukan percobaan-percobaan yang memberi kebebasan pada orang tua  untuk memberi minum pada bayi setiap kali bayi menangis kelaparan.  Ternyata, Hasilnya sangat memuaskan.  Bayi-bayi yang disusui secara tidak  teratur ini akhirnya dapat menyusun jadwal sendiri yang teratur, sesuai  dengan kebutuhannya.
Hari-hari pertama, ia bangun 2 - 2 ½ jam  sekali sehingga harus diberi minum hampir 10 kali sehari. Ini  berlangsung selama 2 minggu pertama. Sesudah itu, ia hanya minum 6-7  kali sehari saja dengan jarak tak teratur.Tetapi sesudah ia berusia 10  minggu, ia mampu mengatur jadwalnya sendiri. Ia minta minum 6 kali  sehari saja dengan teratur, yaitu hampir rata-rata 4 jam sekali. Cara  ini lazim disebut dengan self demand, bayi mengatur kebutuhan minum dan  jadwalnya sendiri. Dengan kesabaran, anda pasti berhasil mengatur jadwal  yang teratur dan fleksibel untuk sang bayi.

Yang jadi persoalan sekarang adalah, bagaimana menentukan jadwal minum bayi? Faktor  utama di sini adalah bayi-bayi mempunyai kecenderungan merasa lapar  pada jam-jam tertentu. Seiring dengan bertambah besarnya bayi, selang  makannya pun menjadi panjang. Bayi dengan berat badan 2 ½ - 3 kilogram  perlu minum 3 jam sekali, sedangkan bayi dengan berat 3 ½ - 4 kg dapat  minum 4 jam sekali. Umumnya bayi merasa lapar lagi kira-kira 1 jam  sebelum jadwal minumnya, bila ia minum susu botol dan 2 jam jika ia  dapat ASI. Mungkin ia terbangun 1 jam lebih dahulu, anda tidak perlu  tergesa-gesa memberinya minum. Karena tidak pasti, ia lapar atau tidak.  Tapi kalu ia menangis selama 10-15 menit segera berikan ia minum karena  pasti ia sedang merasa lapar. Pada bulan-bulan pertama dan kedua,  mungkin ia bangun setiap jam 02.00 pagi untuk minum. Petunjuk yang  diberikan diatas dapat juga dipakai untuk bayi-bayi yang sering gelisah,  enggan minum banyak atau kalau ASI belum mencukupi. Kebiasaan ini dapat  hilang pada saat bayi memasuki usia 2-3 bulan. Dari segi nutrisi, bayi  dengan berat 4 kg yang mendapat minum di siang hari maka tidak lagi  memerlukan minum pada pukul 02.00. Unutk bayi-bayi yang selalu terbangun  pada pukul 02.00 sebaiknya mereka dibangunkan sedikit terlambat dari  jam 22.00, sehingga mereka tidak bangun pada pukul 02.00. Dan baru  keesokan paginya ia diberikan minum lagi. 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori menyusui bayi / susu bayi / tips merawat bayi dengan judul Tips Merawat Bayi: Perlukah Membuat Jadwal Pemberian Susu Pada Bayi . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://permainananakcerdas.blogspot.com/2013/05/perlukan-membuat-jadwal-pemberian-susu.html . Terima kasih!
Ditulis oleh: Demangun - Friday, May 24, 2013

Belum ada komentar untuk " Tips Merawat Bayi: Perlukah Membuat Jadwal Pemberian Susu Pada Bayi "

Post a Comment